Materi
Jejaring Sosial
Ø Pengertian
Jejaring Sosial
Jejaring
sosial adalah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau
organisasi.Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena
kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan
keluarga.Istilah ini diperkenalkan oleh profesor J.A. Barnes di tahun 1954.
Jejaring
sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang
umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih
tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.
Ø Sejarah
Jejaring Sosial
Sejak
komputer dapat dihubungkan satu dengan lainnya dengan adanya internet banyak
upaya awal untuk mendukung jejaring sosial melalui komunikasi antar komputer.
Situs jejaring sosial diawali oleh
Classmates.com pada tahun 1995 yang berfokus pada hubungan antar mantan teman
sekolah dan SixDegrees.com pada tahun 1997 yang membuat ikatan tidak langsung.
Dua model berbeda dari jejaring sosial yang lahir sekitar pada tahun 1999
adalah berbasiskan kepercayaan yang dikembangkan oleh Epinions.com, dan
jejaring sosial yang berbasiskan pertemanan seperti yang dikembangkan oleh
Uskup Jonathan yang kemudian dipakai pada beberapa situs UK regional di antara
1999 dan 2001. Inovasi meliputi tidak hanya memperlihatkan siapa berteman
dengan siapa, tetapi memberikan pengguna kontrol yang lebih akan isi dan
hubungan. Pada tahun 2005, suatu layanan jejaring sosial MySpace, dilaporkan
lebih banyak diakses dibandingkan Google dengan Facebook, pesaing yang tumbuh
dengan cepat.
Jejaring
sosial mulai menjadi bagian dari strategi internet bisnis sekitar tahun 2005
ketika Yahoo meluncurkan Yahoo! 360°. Pada bulan juli 2005 News Corporation
membeli MySpace, diikuti oleh ITV (UK) membeli Friends Reunited pada Desember
2005. Diperkirakan ada lebih dari 200 situs jejaring sosial menggunakan model
jejaring sosial ini.
Ø Layanan
Jejaring Sosial
Banyak
layanan jejaring sosial berbasiskan web yang menyediakan kumpulan cara yang
beragam bagi pengguna untuk dapat berinteraksi seperti chat, messaging, email,
video, chat suara, share file, blog, diskusi grup, dan lain-lain. Umumnya
jejaring sosial memberikan layanan untuk membuat biodata dirinya.Pengguna dapat
meng-upload foto dirinya dan dapat menjadi teman dengan pengguna
lainnya.Beberapa jejaring sosial memiliki fitur tambahan seperti pembuatan grup
untuk dapat saling sharing didalamnya. Macam-macamnya sebagai berikut:
1.
Facebook
Pengertian
facebook menurut wikipedia berbahasa indonesia adalah sebuah situs web jejaring
sosial populer yang diluncurkan pada 4 Februari 2004. Facebook didirikan oleh
Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan
murid Ardsley High School.
Atau
dapat juga diartikan facebook adalah sebuah web jejaring sosial yang didirikan
oleh mark zuckerberg dan diluncurkan pada 4 Februari 2004 yang memungkinkan
para pengguna dapat menambahkan profil dengan foto, kontak, ataupun informasi
personil lainnya dan dapat bergabung dalam komunitas untuk melakukan koneksi
dan berinteraksi dengan pengguna lainnya.
Bagi
yang sudah mempunyai account facebook, untuk mulai beraktifitas di facebook dan
berinteraksi dengan pengguna lain kita musti masuk/login terlebih dahulu via
halaman facebook login. Sedang bagi pengguna baru / belum pernah daftar
sebelumnya, tentu diwajibkan untuk mendaftar dahulu supaya mendapatkan account
facebook baru. Caranya bisa dilihat di artikel sebelumnya cara membuat
facebook. Kita tinggal memasukkan username(nama pengguna), alamat email, kata
sandi, tanggal lahir, dsb seperti yang diminta di form registrasi dilanjutkan
dengan langkah-langkah seperti yang diminta, mudah kok. Lalu, bagaimana untuk
yang belum punya email, apakah bisa mendaftar facebook?Bisa, tapi harus buat
email dulu.
Sejarah
facebook berawal ketika Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14
Mei 1984 dan mantan murid Ardsley High School membuat situs jejaring sosial
facebook. Yang pada mulanya pengunaannya hanya diperuntukkan bagi mahasiswa
dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke
sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Universitas Boston, MIT,
Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk
dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan
berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya,
orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti: .edu, .ac,
.uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs jejaring sosial
ini.
Selanjutnya
dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa
perusahaan besar.Sampai akhirnya, pada September 2006 Facebook mulai membuka
pendaftaran bagi siapa saja yang memiliki alamat email.Pada waktu itu jumlah
pengguna facebook terus bertambah.Sampai beberapa perusahaan besar seperti
friendster, Viacom, bahkan Yahoo tertarik untuk membeli/mengakuisisi
facebook.Tapi semua tawaran tersebut ditolak oleh Mark Zuckerberg sebagai
pendiri Facebook meskipun harga yang ditawarkan terbilang fantastis. Friendster
menawar 10 juta US dollar, Viacom 750 juta US dollar, dan yahoo 1 Milyar US
dollar.
Pada
akhirnya, langkah yang diambil zuckerberg tersebut sangatlah tepat karena
facebook terus berkembang dan pada 2007 terdapat penambahan 200 ribu account
baru perharinya.Lebih dari 25 juta user aktif menggunakan Facebook setiap
harinya.Sampai pada 2009, penghasilan facebook mencapai nominal 800 juta US
dollar. Malahan di tahun 2010 ini ditaksir angka itu akan melambung mencapai lebih
dari 1 Milyar US dollar, wow. Yang mana sumbernya ditaksir dari hasil
periklanan.Untuk jumlah pengguna, di tahun 2010 ini, menurut sumber terbaru
yang saya baca sudah melebihi angka 500 juta user. Sangat fantastis!
2.
Twitter
Setelah
kita mengenal Friendster, Facebook, Myspace dan situs jejaring sosial lainnya,
Twitter seakan menyeruak hadir dengan format yang berbeda.Konsep yang diusung
oleh Twitter adalah menyebarkan informasi pesan secara singkat, padat dan real
time di dalam kalimat kurang dari 140 karakter kepada pembacanya diseluruh
dunia.
Pengguna
Twitter dapat menyebarkan informasi pesan singkat melalui beberapa cara, bisa
melalui situs Twitter sendiri, melalui SMS, atau melalui aplikasi Twitter
lainnya seperti Twirl, Snitter, atau Twitterfox yang merupakan aplikasi
tambahan untuk browser Firefox. Karena kandungan pesan yang singkat, Twitter
dimasukkan dalam kategori mikroblog, yaitu sebuah media online yang
memungkinkan penggunanya menuliskan informasi pesan secara singkat.Panjang
pesan tersebut biasanya kurang dari 200 karakter.
Ide
pembuatan media online Twitter adalah berawal dari pertanyaan sepele yaitu “Apa
yang teman-teman lakukan saat ini ?”. Maka Twitter berupaya menjembatani
pertanyaan tersebut kepada penggunanya dengan kembali bertanya “What are you
doing?”. Jawaban itu akan disebarluaskan oleh Twitter melalui fasilitas
antarmuka (dashboard) penggunanya. Twitter juga menyediakan aplikasi antarmuka
tersebut tampil di website/blog penggunanya.
Jika
layanan pesan berbasiskan SMS hanya mampu mengirimkan informasi kepada pengguna
yang dikenal, maka Twitter bisa digunakan sebagai sarana penyebar informasi
kepada semua orang baik yang dikenal maupun tidak, untuk memberitahukan
keberadaan penggunanya.Penyampaian pesan dalam Twitter umumnya tanpa berharap
mendapatkan balasan/respon dari pembacanya.
Contoh
untuk urusan sosial, Twitter mampu memberikan informasi cepat tentang
keberadaan kita atau yang akan kita lakukan. Misal “Aku mau makan malam ikan
bakar nih, kalau ada yang mau ikut, nyusul aja ke Jl. Anu”. Orang lain yang
menjadi pengikut Twitter kita akan mengetahui berita tersebut dan respon akan
tercipta.
Untuk
urusan bisnis, Twitter bisa dijadikan alat untuk mengumumkan kabar terbaru atau
posting blog terbaru dari sebuah perusahaan bahkan berinteraksi dengan
konsumen. Twitter juga memudahkan kolaborasi internal dan komunikasi dalam
sebuah kelompok.
Saat
ini, layanan Twitter banyak digunakan oleh berbagai kalangan, baik itu
pemerintah (misal Israel), organisasi (misal NASA), politikus (misal Barack
Obama), selebritis misal Ashton Kutcher dengan nama akun aplusk, Samantha
Ronson dengan nama akun jackdaniels9, Pete Wentz dengan nama akun ztnewetep,
John Mayer dengan nama akun johncmayer, dan Demi Moore dengan nama akun
mrskutcher. Mereka semua begitu rajin meng-update apa yang sedang mereka
lakukan beberapa menit sekali.
Bali
Orange juga menggunakan Twitter untuk memberikan status pelayanan secara real
time baik itu kepada pelanggannya maupun kepada pengunjung website.Status
informasi terkini kami tampilkan di website maupun blog ini.
3.
Friendster
Friendster
adalah sebuah situs untuk melihat seluruh orang secara manual, dimana di situs
itu berguna untuk melihat melihat teman-teman seperkenalan kita, baik yang
pernah bertemu atau tidak. Dan juga friendster itu bisa meletakkan profile (
bioadata, fhoto, dsb ).
Untuk
bisa menjadi anggota di Friendster tersebut.Terlebih dahulu kita harus punya
E-mail.Jadi, nah kalo misalkan kita tidak memiliki E-mail, berarti kita harus
mendaftar. Tapi jika sudah memiliki E-mail, berarti kita tinggal mendaftar
secara langsung tanpa harus memikirkan lagi E-mail apa yang harus dimasukkan.
Nah, agar kita bisa masuk ke dalam situs Friendster tadi, maka mulailah kita
mendaftar. Dan cara-caranya adalah sebagai berikut :
1. Buka Google Chrome atau Mozilla Firefox
2. Ketik Situs yang diingini, contoh
(www.friendster.com)
3. Cari kalimat ==>> Sign Up
Sign
Up artinya kita masuk untuk mendaftar di friendster.
4. Setelah klik Sign Up, maka akan muncul
tempat pendaftaran tersebut.
5. Isilah pendaftaran tersebut dengan lengkap.
Turuti perintah didalam pendaftaran tersebut.
6. Kemudian klick Register.
7.
Setelah Register yang telah di klick tadi ada muncul Verify Email Address.
8. Nah, dengan munculnya kalimat tersebut,
lalu kita klick Home.
Home
artinya kita masuk untuk melihat apakah kita sudah sukses terdaftar. Berarti
untuk mendaftar kita udah selesai.
Kita
tentu tak asing lagi dengan kata Friendster.Nama tersebut telah lama melekat di
benak pengguna internet, khususnya mereka yang gemar mencari teman dan
membangun jaringan pertemanan di dunia maya. Demikian populernya, hingga
mendorong berbagai content provider untuk menghadirkan situs layanan serupa.
Jadi, jangan heran kalau saat ini Friendster sudah punya banyak “teman.” Jangan
ngaku anak gaul kalau nggak punya account di Friendster.” Begitulah kira-kira
komentar para remaja yang telah menjadi anggota Friendster.
Mungkin
masih banyak komentar lain -dengan gaya bahasa yang lain lagi- yang intinya
sama; ada yang kurang kalau belum jadi anggota Friendster. Sebagian dari Anda
mungkin tidak setuju, namun mesti diakui kalau Friendster adalah fenomena baru
bagi pengguna internet, yang dapat membentuk komunitas tanpa batas setelah
e-mail, mailing list, dan instant messenger.Sebagai salah satu situs
pertemanan, Friendster paling banyak diminati di Indonesia.Sementara di Amerika
Serikat, kawula mudanya lebih gemar menjalin pertemanan di MySpace.Mari kita
telaah layanan-layanan tersebut satu-persatu.Kita mulai dari yang paling akrab
dengan kita, Frienster.
Sistem
kerja Friendster hampir mirip Multi Level Marketing (MLM). Kalau kita punya
teman di Friendster, secara otomatis kita akan masuk dalam jaringan teman kita
tersebut. Terus seperti itu, hingga terbentuk satu komunitas besar yang terus
berkembang.Yang unik dari Friendster ini, selain diskripsi diri lewat identitas
dan foto, layanan ini juga menyertakan testimonial yang diharapkan dapat
menggambarkan si empunya account dengan lebih obyektif.Ngomong-ngomong, siapa
sih orang di balik kesuksesan Friendster? Friendster yang dikelola perusahaan
Friendster Inc. didirikan pada tahun 2002 berkantor pusat di Silicon Valley,
California, Amerika Serikat. Pendirinya adalah Jonathan Abrams, yang sekaligus
kreator dari Friendster.Jonathan sebelumnya adalah pendiri dan CEO HotLinks.Ia
pun pernah menjabat sebagai senior enginering pada perusahaan internet terkenal
Netscape dan Nortel. Abrams sendiri adalah lulusan Computer Science dari
McMaster University.
Ketika
perkembangan Friendster memperlihatkan tanda-tanda kemajuan, pengelolanya
mendapat suntikan dana US$ 13 juta dari berbagai investor. Lalu pada Juni 2004
Friendster merekrut seorang profesional bisnis. Dia adalah Scott Sassa, mantan
President stasiun televisi NBC Entertainment.
Hingga
2006, pengguna Friendster diperkirakan mencapai 20 juta orang dari berbagai
belahan dunia.Namun menurut survei comScore Media Metrix, tahun ini trafik
pengunjung Frienster cenderung menurun. Kalau bulan Oktober 2005 Friendster
dikunjungi 1,7 juta pengguna internet (unique visitor), maka pada bulan April
2006 pengunjungnya tercatat hanya 1 juta orang.
4.
Mig33
Mig33
Merupakan Aplikasi Chat Berbasis Java. Mig33 adalah komunitas mobile yang
menyediakan fasilitas komunikasi dengan teman-teman dan keluarga melalui
berbagai macam layanan online di dalam handphone, PC. Dengan mig33,Kita Dapat
chating dan mengirim sms, email,menelpon ke luar negeri dengan murah, tukeran
foto, komunikasi dengan teman lama dan bahkan saling bertemu
Apa
aja yang ada di dalam aplikasi Mig33?
Diantaranya:
* Chatroom
* Profiles
* Photo Sharing
* Mobile Web
* Rewards for inviting friends
* And more
Konektivitas
* Use your IM (MSN, Yahoo!, ICQ, AOL, Google
Talk, SMS)
* Share Photos
* Make inexpensive international phone calls
* Send cheap international SMS
*Dan masih banyak lagi yg lainnya
5.
Skype
Skype
adalah sebuah aplikasi messenger seperti halnya Yahoo Messenger, MSN Messenger
dll, tetapi Skype lebih difokuskan pada layanan voice messenger ketimbang teks
sehingga Skype lebih dikenal sebagai aplikasi VoIP (Voice over Internet
Protocol) yaitu komunikasi suara melalui protokol Internet.
Dengan
demikian kita bisa melakukan panggilan (telepon) antar PC ke PC dengan biaya
gratis disamping itu kita juga dapat melakukan panggilan dari PC ke telepon
rumah atau panggilan dari PC ke ponsel
atau sebaliknya dengan biaya/tarif yang sangat murah dengan kualitas
suara yang sangat bagus. Keterangannya dapat dilihat di situsnya www.skype.com.
(Aplikasi tersebut bisa kita download dari situsnya dan cara installnya sangat
mudah sekali).
Dengan
fasilitas VoIP tersebut kita dapat berkomunikasi dengan siapa saja diluar sana
dengan mudah (dapat langsung dengan suara/ngobrol dengan biaya gratis) atau
dengan teks (selain chatting seperti biasa kita juga bisa kirim sms ke ponsel).
Komunikasi dapat dilakukan hampir-hampir real time.
Mekanisme
real time-nya sendiri adalah saat kita mengirim teks atau suara, penerima dapat
menerimanya hampir pada saat yang bersamaan sehingga dua pihak (atau sampai 4
pihak atau lebih (teleconference)) di tempat yang berbeda dapat berkomunikasi
dengan baik.
Skype
juga menyebabkan dunia telekomunikasi menjadi tidak terbatas, dengan memberikan
pilihan bagi para pemakainya untuk mengakses telepon.Skype yang dimasukkan ke
dalam alat teknologi seperti ponsel membuat konsumen ponsel dapat melakukan
teknologi telepon berbasis internet, dan sudah dimulai oleh motorola.
Dengan
memanfaatkan fitur nirkabel, kualitas akses telepon berbasis internet juga
sangat mudah dilakukan. Ketika PDA yang didalamnya sudah terinstall aplikasi Skype kemudian terkoneksi dengan salah satu hotspot,
sambungan koneksi Skype bisa dilakukan, baik untuk telepon melalui jaringan
internet tidak terbayar (gratis) apabila menghubungkan sebuah komputer yang
menggunakan Skype, atau tersambung ke ponsel dan telepon rumah bila menggunakan
layanan Skype Out yang memberlakukan tarif sangat murah. (Diperjelas : bila
dari PDA yang sudah terkoneksi salah satu hotspot, menelepon ke komputer yang
ada dirumah biayanya gratis dan apabila
dari PDA menelepon ke ponsel atau telepon rumah maka diberlakukan tarif tapi sangat
murah menggunakan layanan Skype Out).
Teman
saya yang pernah mengikuti pertukaran pelajar antara ITB dengan Finlandia juga
pernah menggunakan layanan yang disediakan oleh Skype. Daripada menelepon lewat
ponsel ke telepon rumah yang tarifnya sangat mahal maka teman saya ini
memanfaatkan Skype dengan cara menelepon dari komputer ke telepon rumah (dari
Finlandia ke Yogyakarta) dan tarifnya sangat murah sekali (kalau saya tidak
salah Rp 250 permenit). Cara pembayarannya juga sangat mudah sekali, kita
tinggal beli voucher dari situs www.skype.com kemudian dipakai.
Skype
memang teknologi yang benar-benar kompleks karena banyak sekali fitur-fitur
atau layanan-layanan yang disediakan, selain telepon berbasis internet dengan
biaya gratis, juga bisa nonton TV gratis diinternet (saya baca di artikel, belum
pernah dicoba sih) dan merencanakan
komunikasi video secara real-time yang merupakan hal yang sangat menarik untuk
dunia bisnis, bisa dibayangkan sebuah layanan video yang memungkinkan orang
menjual berbagai jenis jasa, seperti konsultasi bisnis melalui Web, atau
sebagai sarana alternatif untuk mempertemukan penjual dan pembeli.
6.
Linked In
LinkedIn adalah situs
web jaringan sosial yang berorientasi bisnis, terutama digunakan untuk jaringan
profesional. Sampai September 2007 situs ini memiliki lebih dari 14 juta
pengguna terdaftar, meliputi 150 industri dan lebih dari 400 bidang ekonomi
yang diklasifikasi menurut jasanya.
CEO LinkedIn saat ini
adalah Dan Nye dan kantornya berlokasi di Mountain View, California. Perusahaan
ini didanai oleh Greylock, Sequoia Capital, Bessemer Venture Partners, serta
European Founders Fund.LinkedIn mulai meraih keuntungan (arus kas positif)
sejak Maret 2006.
7. Fupei
Jika anda melihat
judulnya pasti anda terkecoh karena pasti anda menebak situs ini berbau Jepang
atau Cina.Ternyata anda salah, situs ini buatan anak Indonesia asli. FUPEI
adalah kependekan dari Friends Uniting Program Especially Indonesian adalah
sebuah situs jaringan sosial yang berdiri pada bulan Mei 2004 menyediakan ruang
gerak untuk kegiatan pertemanan bagi penggunanya secara interaktif.Berawal dari
booming situs-situs jaringan sosial seperti friendster pada tahun 2004, FUPEI
yang turut ikut memberikan sebuah ruang untuk pengguna internet di Indonesia
merupakan sebuah bentuk user-generated-content yang mencakup foto, musik,
video, dan lain-lain. Pengguna-pengguna tersebut kemudian dikenal dengan nama
fupeis.
8. Bebo
Bebo adalah sebuah situs
jejaring sosial yang popular yang dibuat pada bulan Januari 2005.Ini banyak
dipakai di beberapa Negara termasuk Irlandia, Kanada, Amerika Serikat, Inggris,
Selandia Baru dan Australia.Versi bahasa Polandia sudah dirilis yang
menggunakan database user yang berbeda.Ada planning untuk merilis versi bahsa
Prancis, German dll.Dibuat oleh suami dan istri Michael dan Xochi Birch, Bebo
diluncurkan secara resmi pada bulan Juli 2005.
Lalu AOL (America
OnLine) membelinya pada 13 Maret 2008 sekitar 850 juta dollar.
"Bebo" adalah kependekan dari
"Blog early, blog often".
9. Orkut
Situs jejaring sosial
ini dilaunching pada tanggal 22 Januari 2004 oleh Google Inc. Situs ini
merupakan dari karyawan Google sendiri, jadi bukan merupakan hasil akuisisi
dari pihak manapun. Dinamai Orkut, karena nama itu sebagai bentuk dedikasi
Google terhadap kreatornya yang bernama Orkut Büyükkökten. Orkut tidak begitu
populer di Indonesia. Seperti yang saya kutip dari Wikipedia, pengguna Orkut
kebanyakan dari negeri Samba (Brasil) dengan presentase sebesar 51.09% kemudian
diikuti oleh India 20.02% (Data dirilis Desember 2009).
Orkut juga mendukung
banyak bahasa (multilingual) seperti jejaring sosial pada umumnya.Orkut
memiliki jumlah user sebanyak 200 juta orang diseluruh dunia.
10. Yahoo! Meme
Istilah ini diambil dari sebuah buku berjudul "The Selfish Gene"
karya Richard Dawkins yang diterbitkan pada tahun 1976.Kata "meme"
menurut Richard Dawkins mengacu pada suatu kepingan kecil dari budaya atau
perilaku yang kemudian menduplikasi menjadi banyak di kalangan orang-orang,
serupa dengan yang terjadi pada gen dalam bidang biologi. Jadi harapan Yahoo!
memberi nama "Meme" tidak lain tidak bukan supaya Yahoo! Meme
menyebar dengan cepat, seperti duplikasi gen dalam biologi.
Yahoo! Meme hampir mirip seperti Twitter. Kenapa mirip ?Yahoo! Meme
memiliki kemiripan fitur seperti Twitter yakni @reply (balasan) dan direct
messages.Meme juga memiliki kemiripan lainnya yakni menganut sistem follower
seperti Twitter dan juga Repost (yang dalam Twitter dikenal dengan Retweet).
11. Koprol
Ternyata Yahoo! memiliki dua situs jejaring sosial yakni Meme dan satulagi
Koprol. Tidak seperti Meme, entah kenapa saya cukup bangga dengan Koprol ? Apa
pasal ?Karena ternyata Koprol merupakan salah satu jejaring sosial made in
Indonesia. Koprol tergolong unik karena jika anda check-in (log-in) dengan
ponsel, ponsel anda dapat berfungsi sebagai GPS tanpa adanya aplikasi GPS di
ponsel tersebut. Setelah anda log-in anda dapat melihat user lain yang sedang
ada di lokasi yang sama (kota yang sama).
Seperti yang saya kutip dari Wikipedia, sistem kerja Koprol merupakan
gabungan dari sistem lifestream Twitter, sistem komentar Plurk, dan sistem
lokasi seperti Brightkite.Keunggulan inilah yang membuat Yahoo! tertarik
mengakuisisi Koprol pada tanggal 25 Mei 2010 dengan nilai yang tidak
disebutkan.
12. Tumblr
Tumblr, sekarang menjadi salah satu jejaring yang banyak diminati kalangan
muda.Salah satu micro-blog atau jejaring sosial yang anda dapat coba.Tumblr
dibuat oleh David Karp pada tahun 2007 dan sampai sekarang sudah memiliki user
kurang lebih sebanyak 3 juta orang. Berdasarkan posting David Karp di Tumblr
Staff blog pada 15 Maret 2010, rata-rata 2.000.000 posting dibuat dan 15.000
pengguna baru setiap harinya.
13. Plurk
Plurk, pasti sudah banyak yang dengar dan pakai jejaring sosial satu
ini.Plurk dirilis pada tanggal 12 Mei 2008.Plurk sendiri sangat populer di
Taiwan, Filiphina dan Indonesia.Plurk sendiri merupakan akronim dari Peace,
Love, Unity, Respect dan Karma. Plurk memiliki keunikan tersendiri dibanding
dengan jejaring sosial lainnya, yakni plurk akan memberikan reward kepada
plurker (sebutan bagi user plurk) yang dikenal dengan nama karma.
Karma akan diberikan berdasarkan jumlah response terhadap plurk yang di posting
seseorang, keaktifan dalam pertemanan dan jumlah perekrutan anggota baru.
14. Google +
Yak. Ini dia layanan jejaring sosial yang paling anyar dari Google.Setelah
(mungkin) gagal dengan jejaring sosial atau layanan yang dulu pernah dirilis
seperti Orkut, Google Wave dan Google Buzz akhirnya Google mampu berbangga
hati. Layanan terbaru dari Google ini meskipun masih versi beta, namun sudah
banyak teman-teman saya yang tak sabar ingin menjajal fitur apa saja yang ada
di dalamnya.
Google + (Plus.red) ternyata sudah mampu menyedot perhatian banyak orang
dan termasuk saya. Menurut para pakar IT, Google + merupakan pesaing kuat bagi
Facebook, bahkan Google sendiri sepertinya merasa bahwa Google + tidak lama
lagi akan menggulingkan Facebook.
Tapi
sayangnya untu saat ini, Google + hanya dapat digunakan bagi segelintir orang
saja dan hanya bisa dinikmati via undangan dari para pengguna yang sudah
terdaftar karena Google + untuk saat ini masih dalam uji coba alias beta
version.
15. Heello
Ya ini dia salah satu jejaring sosial (social networking) terbaru setelah
Google + (Plus) yang di rilis bulan Juni lalu. Jejaring sosial yang satu ini
baru saja dirilis beberapa hari yang lalu (Rabu, 13/8/2011).Heellodigadang-gadang
bakal jadi pesaing utama twitter.
Heello di
dibuat dan dirilis olehNoah
Everett(yang juga "menemukan" Twitpic). Bisa dibilang iniHello
merupakan kloning dari saudara tuanya yakni Twitter.Lihat saja beberapa
tampilannya yang hampir mirip. Mulai dari batas karakter untuk sharing status,
username yang menggunakan @username seperti Twitter, Replies dan sebagainya
Ø Manfaat Jejaring
Sosial
Tidak selamanya
jejaring sosial itu buruk.Tapi juga memiliki manfaat positif kok jika kita
menilai dan memanfaatkan secara positif.Inilah beberapa 8 Manfaat Positif
Jejaring Sosial.
1.
Mempelopori
Gerakan Reformasi dan Revolusi
Baca Lebih Lengkapnya tentang “Facebook dan Twitter
Mempermudah Revolusi dan Reformasi.” Memang kedua ini adalah solusi terbaik
dalam menyampaikan pendapat.
2.
Menjadikan
Orang Lebih Percaya Diri
Sebuah penelitian di Inggris membuktikan.Para
pengguna jejaring sosial itu memiliki tingkat kepercaya dirian yang lebih
tinggi daripada yang tidak.Karena mereka itu sering mengupload foto-foto yang
bergitu narsisi dengan tingkat kepercayaan diri yang tinggi.
3.
Mempermudah
Komunikasi
Yang namanya jejaring sosial itu adalah tempat untuk
berkomunikasi.Tapi berkomunikasinya lewat sebuah media yang bernama internet.
4.
Mempermudah
Menyampaikan Informasi
Kemungkinan Masa Depan itu adalah Masa yang serba
Online dan serba internet. Maka dari itu untuk mempermudah menyampaikan
informasi itu ya harus menyampaikannya dari jejaring sosial, karena jejaring
sosial itu memiliki trafik kunjungan yang besar.
5.
Bisa
Mendapatkan Uang dari Bisnis Online
Dengan jejaring sosial kita juga bisa mendapatkan uang.Misalnya,
anda memiliki Twitter yang difollow oleh 100 orang. Saya sarankan anda itu
harus menguangkan Twitter anda dengan cara menjadi publisher di revtwt. Karena
revtwt akan membayar per klik dari link yang anda promosikan dari tweet anda.
6.
Bisa
Mempelajari Bahasa Asing
Yang namanya Jejaring Sosial itu umumnya bersifat
internasional dan Bahasa Internasional itu adalah Bahasa Inggris. Dengan
menggunakan jejaring sosial itu kita secara tidak langsung akan mempelajari
bahasa asing.
7. Bisa Berekspresi Sebebas-bebasnya
Maksudnya
kita itu memiliki hak dan kewajiban
untuk menyampaikan pendapat. Tapi menyampaikan pendapat secara sopan dan
berekspresi dengan sopan dan bertanggung jawab.Misalnya, kita membagikan link
di akun twitter kita.Tapi link tersebut isinya tentang ilmu pendidikan / hal
yang bermanfaat.
8. Menyelamatkan Kita dari Aksi Kriminal
Ada sebuah kasus bahwa ada seorang facebooker yang
selamat dari aksi maling.Pada saat itu ada maling masuk ke rumahnya dan menahan
salah satu anggota keluarganya. Lalu dia mengupdate status yang berbunyi
“HELPPP!.” Dan banyak temanya yang menanggapinya sebagai guroan tapi akhirnya
dia menyakinkan temanya bahwa itu serius. Lalu salah satu temannya menelepon
911 dan polisi langsung ke TKP dan khirnya malin tersebut tertangkap karena
maling tersebut belum sempat kabur
Ø Dampak Negatif
Jejaring Sosial
Teknologi merupakan
hal mubah (boleh) yang hukumnya akan menjadi halal jika dipergunakan untuk
hal-hal positif dan bermanfaat namun bisa pula menjadi haram ketika teknologi
tersebut dipergunakan sebagai media dalam melakukan tindakan yang melanggar
aturan Islam. Maka dari itu bagi para orang tua, guru dan para pendidik
generasi menjadi sangat urgen dalam memberikan pendidikan terhadap efek negatif
internet terutama situs jejaring sosial yang sedang membius jutaan bahkan
milyaran umat manusia. Jangan sampai generasi yang akan menjadi generasi
penerus khilafah di muka bumi ini justru menjadi generasi yang merugi karena
keengganan kita dalam mendidik mereka dan memberikan pemahaman tentang efek
negatif jejering sosial sehingga mereka terperosok dan menjadi korban kejahatan
dunia maya. Berikut dibawah ini beberapa ulasan singkat tentang efek negatif
jejaring sosial terutama situs Facebook dan Twitter bagi anak dan remaja
1.
Malas
Ini efek negatif yang
paling sering ditemukan pada anak atau bahkan bukan hanya anak.Mereka menjadi
malas untuk belajar dan beribadah, karena terlalu asyik dengan teman barunya di
jejaring sosial.Hingga pada akhirnya meninggalkan kewajiban-kewajiban yang seharusnya
dikerjakan oleh anak.
2.
Egois
Situs jejaring sosial
akan membuat anak lebih mementingkan diri sendiri. Anak menjadi tidak sadar dan
peduli dengan lingkungan sekitarnya karena waktu mereka dihabiskan didepan
internet.Hingga pada akhirnya mengakibatkan anak kurang bahkan tidak berempati
dengan lingkungan kehidupan mereka yang sesungguhnya.Kepekaan mereka terhadap
lingkungan sekitarnya menjadi mati terbunuh kesenangannya terhadap
teman-temannya di situs jejaring sosial.
3.
Merusak
Tata Bahasa
Situs jejaring sosial
tidak memiliki aturan baku yang berlaku bagi anak dalam melakukan interaksi
dengan temannya disitus jejaring sosial. Tidak ada tata bahasa baku untuk
digunakan pada situs jejaring sosial, ini membuat mereka berkomunikasi semau
mereka sendiri dengan bahasa mereka sendiri tanpa peduli dengan tata bahasa
yang baik dalam berkomunikasi. Hal ini perlahan tapi pasti membunuh kemampuan
komunikasi yang baik dan benar seperti yang dilakukannya dalam berinteraksi
didunia nyata selain itu juga membunuh keterampilan menulis mereka yang sesuai
dengan ejaan yang baku dan benar di sekolah.
4.
Makanan
Predator
Situs jejaring sosial
ibarat lahan subur bagi para predator internet dalam melakukan kejahatan.Kita
tidak pernah tahu apakah teman yang mereka temukan adalah benar-benar orang
yang berniat baik untuk berteman, dan kita pun tidak pernah tahu apakah teman
tersebut memberikan identitas yang sesungguhnya seperti keadaannya didunia
nyata.Ketika seorang anak mempercayai 100% temannya di situs jejaring sosial
maka hal ini sangat mungkin membahayakan keadaan anak dari tindak kejahatan
baik fisik maupun psikis.
Maka dari itu, bagi
para guru, orang tua dan para pendidik generasi, efek negatif situs jejaring
sosial haruslah disampaikan kepada anak. Ini berarti pula bahwa para guru,
orang tua, dan pendidik haruslah tahu pula apa, siapa dan bagaiamana situs
jejaring sosial yang sering dikunjungi anak-anaknya. Bentengilah generasi kita
dengan ilmu pengetahuan dan ilmu Islam yang kaffah, agar mereka bisa
membentengi diri sendiri disaat mereka terlepas dari pengawasan para orang tua
dan gurunya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar